ARCH:ID 2020 RESMI DIGELAR PERTAMA KALINYA DENGAN TEMA “LET’S TALK

Share with:




Hotelier Indonesia

ARCH:ID 2020 RESMI DIGELAR PERTAMA KALINYA DENGAN TEMA “LET’S TALK – MARI BICARA

Hadirnya ARCH:ID memantapkan langkah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dalam membangun industri Arsitek dan bahan bangunan di Indonesia

Tangerang, 27 Februari 2020 – Dalam menghadapi tantangan Indonesia kedepan di bidang arsitektur agar mampu menjadi penyokong pembangunan peradaban masyarakat Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi serta menumbuhkan industri konstruksi dan bangunan yang menjadi salah satu roda penggerak untuk kemajuan di sektor ekonomi, diperlukan wadah untuk dialog antara arsitek dan pemangku industri konstruksi dan bahan bangunan di Indonesia. Dalam hal ini Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) merupakan organisasi profesi arsitek di Indonesia yang memiliki peran penting keberadaannya yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan arsitek profesional seiring kemajuan teknologi agar mampu bersaing dan diakui secara global .

Konferensi dan Pameran Arsitektur perdana yang diprakarsai oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerjasama dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition telah sukses diselenggarakan dan berakhir pada 29 Februari 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City – Tangerang. Pameran ARCH:ID resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi.

Kegiatan ARCH:ID ini mengusung tema Let’s Talk! “Mari Bicara” yang diharapkan menjadi wadah dialog berkelanjutan antara Arsitek dengan para pelaku industri terkait arsitektur dan konstruksi di Indonesia. Tidak sekedar menjadi selebrasi para Arsitek, tetapi ajang ini juga diharapkan menjadi wadah untuk mengeksplorasi potensi maupun pemikirian-pemikiran baru bagi masa depan Arsitektur Indonesia.

Kegiatan ARCH:ID dikuratori oleh 3 aristek Indonesia ternama, yaitu :

  • Andra Matin
  • Danny Wicaksono
  • Wiyoga Nurdiansyah

Momentum tepat dalam bertukar pikir

Konferensi ARCH:ID menghadirkan pembicara ternama dari dalam maupun luar negeri. Pembicara yang hadir adalah yang kredibel dan sudah teruji reputasi dalam karyanya, antara lain :

  • · Aaron Roberts – Australia
  • · Farshad Mehdizadeh – Iran
  • · Manuel Cervantes – Mexico
  • · Ary Indra – Indonesia
  • · Budiman Hendropurnomo – Indonesia
  • · Sofian Sibarani – Indonesia
  • · Gunawan Tjahjono – Indonesia
  • · Willis Kusuma – Indonesia
  • · Stephanie Larassati – Indonesia

Danny Wicaksono sebagai salah satu kurator ARCH:ID mengatakan “Pembicara yang dihadirkan adalah mereka yang bisa memberikan pandangan-pandangan dan perspektif baru atau yang berbeda mengenai arsitektur”. Konferensi yang akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 28 – 29 Februari ini selain akan memberikan insprirasi kelas dunia, juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi terbesar dan ajang berbagi wawasan para Arsitek dari Sabang sampai Merauke.

Pameran ARCH:ID : INDUSTRI X ARSITEK

Tidak seperti Pameran Industri Bahan Bangunan pada umumnya, Pameran ARCH:ID berusaha menampilkan kolaborasi yang kental antara Arsitek dan brand-brand Bahan Bangunan ternama di Indonesia. Pada pameran perdananya, ARCH:ID menampilkan 172 booth yang terisi oleh 70 brand lokal dan internasional dengan sukses mendatangkan 8.520 total pengunjung selama 3 hari pameran berlangsung.

Tidak kalah penting, Pameran ARCH:ID juga akan menampilkan 5 Featured Exhibitions, yang berisi konten-konten Arsitektur terkini yang berskala Nasional hingga Internasional. Pameran-pameran yang dimaksud adalah :

  • Aga Khan Awards Exhibition : di desain oleh studiodasar & spoa
  • Architecture Student Exhibition : di desain oleh ARA Studio
  • Indonesia Architect Creation Exhibition : di desain oleh Dua Studio
  • Inisiatif Scriptura Exhibition : di desain oleh Each Other Company & studiodasar
  • Re-Framing Louis Kahn Exhibition by Cemal Emden : di desain oleh Andra Matin & studiodasar

5 Featured Exhibitions tsb dikelola oleh para Kurator dan didesain oleh Arsitek-Arsitek muda
berbakat yang ditunjuk oleh Kurator untuk memberikan experience bagi para Pengunjung saat menikmati Pameran tersebut.

Tidak terpisahkan dari Pameran, beberapa panggung akan disiapkan di sela-sela Pameran untuk memberikan kesempatan bagi para Arsitek dan Industri Bahan Bangunan saling berdiskusi, saling bicara. Panggung ARCH:ID Event Square akan menampilkan beberapa INDUSTRI X ARSITEK Talk Series, dan akan terdapat juga beberapa panggung untuk mewadahi obrolan-obrolan dari para Alumni Kampus-Kampus Arsitektur se-Indonesia, Exhibitor, Pemerintahan, dan Developer yang berjudul OBROLAN TUJU-TUJU. Secara paralel dengan kegiatan pameran dan konferensi, pada kegiatan ARCH:ID ini juga akan berlangsung BIM Seminar & Workshop

“ARCH:ID akan menjadi acara pameran yang berbeda. Kita mencoba mengkurasi setiap hal yang berkaitan dengan pameran ini. Kita mengajak beberapa desainer yang berbakat untuk menjadi bagian penting dari pameran ini. Kurator ARCH:ID 2020 melakukan kurasi secara menyeluruh, mulai dari gate, booth pameran bahkan layout dari pameran ini. Harapannya, pameran ini akan menjadi tempat berkumpul arsitek dan para pelaku industri untuk memajukan arsitektur Indonesia di masa yang akan datang.”dikutip dari pernyataan Wiyoga Nurdiansyah, kurator ARCH:ID

Ahmad Djuhara selaku Ketua Umum IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) menyatakan “Perkembangan dunia arsitektur di masa depan membutuhkan hubungan yang lebih erat lagi dengan dunia industri, terutama industri bahan bangunan. ARCH:ID ini akan berbeda dari kegiatan-kegiatan yang lain karena ada unsur design yang sangat kuat, sangat kental, yang akan ada di pameran dan di konferensi ARCH:ID. Dan design arsitektur adalah sesuatu yang belum kita urus dengan benar padahal design arsitektur membawa sebuah kekuatan yang akan membawa bangsa kita ke peradaban yang lebih baik”.

ARCH:ID menargetkan 300 delegasi yang akan hadir untuk konferensi dan 10.000 pengunjung pameran yang terdiri dari profesional seperti arsitek, kontraktor, pengembang properti, designer interior, institusi pemerintah, distributor, agen, importir, eksportir dan semua pihak dunia arsitektur yang akan bertemu dalam kegiatan ini, membangun relasi bisnis, networking, knowledge-sharing dan mengambil peran untuk membangun arsitektur sehingga bisa menghasilkan iklim arsitektur yang lebih baik untuk Indonesia.

Pameran ini juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin melihat karya dan update terkait dunia arsitektur. Untuk masuk ke pameran ini, pengunjung hanya perlu melakukan registrasi dan tidak dikenakan biaya masuk.

Untuk pendaftaran tiket konferensi atau mendapatkan informasi tentang ARCH:ID, silahkan menghubungi Tim CIS Exhibition di 021-83796833 atau 0812-94292503 dan email ke [email protected] atau info terbaru mengenai pameran ARCH:ID, silahkan klik ke http://arch.id/

Tentang ARCH:ID

ARCH:ID adalah kerjasama sinergis antara IAI dan PT CIS dalam membentuk sebuah kegiatan Arsitektur dalam 1 paket yaitu Konferensi Arsitekur berskala Internasional & Pameran Business to Business (B2B) yang sangat kental dengan nuansa Desain. ARCH:ID diselenggarakan dengan debut pertama tahun 2020.

Tentang IAI (Ikatan Arsitek Indonesia)

IAI didirikan secara resmi pada tanggal 17 September 1959 di Bandung. Kini di usianya yang ke-60, IAI telah beranggotakan lebih dari 20.500 arsitek yang terdaftar melalui 34 kepengurusan Provinsi, 1 kepengurusan perwakilan dan 4 kepengurusan wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan kepengurusan Provinsi termuda di Maluku yang dideklarasikan pada tanggal 19 Agustus

2017 lalu. IAI aktif dalam kegiatan internasional melalui keanggotaannya di ARCASIA (Architects Regional Council of Asia) sejak tahun 1972 dan di UIA (Union Internationale des Architectes) sejak tahun 1974, serta AAPH (Asean Association Planning and Housing) di mana IAI merupakan salah satu pendirinya.

Di dalam negeri pun selain bermitra dengan pemerintah, IAI tetap aktif bergaul dengan asosiasi profesi lain, seperti melalui keanggotaan dalam Lembaga Pegembangan Jasa Konstruksi dan Forum Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi.

Tentang PT Citra Inovasi Strategi Exhibition, Penyelenggara HOMEDEC Indonesia

PT Citra Inovasi Strategi Exhibition didirikan untuk mewujudkan tujuan strategis klien serta mengadakan pameran yang inovatif. PT CIS Exihibition memiliki kompetensi dan pengetahuan untuk memahami dan memenuhi tujuan klien, serta di saat yang sama, mempelajari praktik terbaik di industri terkait untuk memberikan pameran yang berkualitas serta berstandar internasional guna memaksimalkan investasi klien. Tim ini juga didukung oleh C.I.S Network Sdn Bhd selaku partner kami, penyelenggara pameran di Malaysia dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan ahli dalam pameran yang inovatif.

Nama Pembicara (Doc. Foto Opening Ceremony ARCHID 2020), Ki-Ka :

1. Linda Leoni – Senior Manager Regional Business Development C.I.S
2. Wiyoga Nurdiansyah – Kurator ARCH:ID
3. Ahmad Djuhara – Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)
4. Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan RI